Kuliner Wajib di Maluku Utara



Haloo selamat berbahagia untuk kalian semua yang membaca blog ini, selamat berbahagia menurut waktu setempat.

Ini lagi iseng ajasih, saya ingin bahas aneka makan khas nan enaaak yang bisa saya temukan dan rasakan di Maluku Utara, atau lebih spesifiknya di Morotai. Ada banyak sebenarnya makanan enak disana, yang paling saya sukai adalah Gohu. Gohu sendiri sebenarnya adalah ikan segar (biasanya ikan cakalang atau tuna) yang dipotong-potong dadu, kemudian dibumbui perasan air jeruk lemon, ditambah cabe rawit utuh, ditaburi garam, dan disiram dengan minyak goreng panas.

Setelah itu semua bahan tadi diaduk sampai merata, dan sudah siap disantap. Yaapp, Gohu menggunakan ikan mentah sebagai bahan utamanya dan rasanyaa nikmat sekali. Paling nikmat nih kalau gohu disantap dengan ubi atau singkong yang dimasak dengan santan, kalau saya tidak salah mereka menyebutnya Kasbi Santan. Atau singkong dan pisang goreng sebagai temannya juga tidak kalah enaknya. Eiitss tapi mohon maaf yaa, saya tidak punya foto makanan enak satu ini jadi kalian belum bisa lihat penampakannya.

Buat yang mau berkunjung ke Maluku Utara atau Morotai dan mau wisata kuliner, bisa nih dicoba beberapa menu yang sederhana tapi nikmatnya bukan maeeenn!

Ikan Dabu-dabu Manta Khas Maluku Utara

P_20180225_131939
You semua harus pastikan pernah makan ikan bakar dengan ditemani dabu-dabu mantah (dabu-dabu = sambal), ikan apapun pasti enak, terutama ikan lolosi. Dabu-dabu mantahnya sendiri terdiri dari irisan tomat, bawang merah, cabe rawit utuh, perasan jeruk lemon, daun kemangi, taburan garam dan siraman minyak goreng/ minyak kelapa.

Sayur lilin, enak bangettt sayur ini. Saya benar-benar ketagihan, sayangnya susah-susah gampang nemuin sayur ini, dan tidak banyak warung yang menawarkan menu ini. Selain itu sebenarnya di Morotai paling banyak orang menyajikan sayur jantung pisang atau juga bunga pepaya, enakk loh.

P_20180225_132040
Sayur lilin tuh enak bangett, asli. Pertama kali makan, dibuatkan sama mamahnya Paleca.
P_20180225_132430
Paket lengkap = Nasi, Sayur Lilin, Ikan Bakar dan Dabu-dabu Mantah.

Waktu itu saya juga sempat mampir ke Galela dan makan di sana. Dengan menu yang sebenarnya tidak jauh berbeda, nasi, ikan bakar, sayur tumis kangkung, dan dabu-dabu manta. Tapi memang dasarnya makanan sederhana ini sedapppnya khan maenn! And you should know guys, ada pisang goreng mulut bebek yang nikmatnya bikin tidak habis pikir. Saya kekenyangan.

P_20180313_180908 (1)
Looks how menggiurkannya hehe bikin lapar..
p_20180313_180927.jpg
Sepertinya saya masih bisa membayangkan kenikmatan semua makanan ini.. hahahaa



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *