Kenapa Ibu Saya Selalu Kenyang saat Pulang Kantor? Sekarang Saya Faham.

(dulu) Hampir setiap harinya ibu saya pulang kantor pada pukul 4 sore, atau setelah shalat ashar. Kadang beliau membawa jajan, atau sayur matang, atau ayam goreng, buah, kadang pepes ikan, kadang juga otak-otak yang beliau beli dari penjual yang rutin mampir di kantornya. Semua itu untuk persiapan makan malam tentunya. Karena ibu saya ke kantor dari pagi hingga sore dan tidak sempat berbelanja bahan masakan, apalagi memasaknya. Kadang sudah terlalu lelah saat menginjakkan kaki di rumah. Belum lagi anak-anaknya saat itu masih remaja-remaja yang belum sepenuhnya mengerti bagaimana cara membantu meringankan beban mamak nya ini.

Tapi entah mengapa hampir setiap malam saat jam makan malam ibu saya ini malah tidak ikut makan. Bukan karena makanannya kurang enak, atau jumlahnya kurang mencukupi.. tapi katanya beliau “sudah kenyang”. Heran saya tuh, ibu ini makan apa sih sebenarnya kok kenyang terus. Katanya “tadi di kantor banyak makanan..” atau katanya “tadi di kantor dah nyemil teruss..” tapi hampir setiap hari seperti itu, belum lagi kalaupun ibu saya makan malam, pasti makannya hanya sedikit. Pantas saja awet langsing nih emak dari jaman saya masih unyu-unyu (lucu) sampai se-imut sekarang.

Sekarang setelah kurang lebih dua minggu ikut ngantor dan ngajar di sekolahan yang semua rekan kerjanya adalah ibu-ibu guru, saya faham kenapa ibu saya selalu merasa kenyang saat pulang kantor. Berkaitan erat dengan ‘ibu-ibu’ dan kantor, ternyata ada suatu kebiasaan dan semacam ekosistem yang tercipta. Ekosistem ini merupakan kondisi dimana ibu-ibu selalu memiliki apapun untuk dimakan di sekitarnya.

Bukan secara sepihak menuduh bahwa ibu guru di sekolahan saya suka jajan melulu. Tapi adanya fasilitas snack untuk anak-anak paud di setiap penghujung kelas mereka, membuat para guru juga selalu kecipratan berkahnya. Diantara lain adalah adanya snack dengan jumlah yang berlebih untuk tenaga pengajar. Kadang juga orang tua murid menjadi sangat luar biasa dan senang membawakan jajan untuk para guru. MasyaAllah sangat! Kadang bahkan kami pulang membawa oleh-oleh camilan, bagaimana tidak kenyang terus yaa. Perut kita rasa-rasanya selalu terisi, kadang saya juga jadi mulai malas untuk makan malam. Seperti terlalu banyak muatan yang dimasukkan ke dalam sistem pencernaan tubuh ini.

Yeahh, now i know it mom, i know how you feel. Ahad, 24 maret 2019.

Bersangkutan dengan catatan di atas saya juga jadi selalu bersyukur karena selalu mendapat nikmat yang sangat banyak. Belum lagi karena hal ini saya juga jadi sedikit berkurang keinginan untuk jajan karena sudah merasa kenyang duluan. Semoga hari mu indah yaa gengs.

2 thoughts on “Kenapa Ibu Saya Selalu Kenyang saat Pulang Kantor? Sekarang Saya Faham.”

  1. Thanks for publishing this awesome article. I’m a long time
    reader but I’ve never been compelled to leave a
    comment. I subscribed to your blog and shared this on my Twitter.
    Thanks again for a great post!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *