Catatan Hari Pertama

Bukan hari pertama sih, tapi catatan ini di dedikasikan untuk catatan awal mulainya saya mengajar dalam program internship mengajar di Play Group Aisyiyah 01 Banyumanik, Semarang. Sebagai catatan nih, saya sendiri yang menciptakan program internship ini dengan kekuatan fikiran saya. Beberapa hal awal adalah saya datang pagi hari jam 07:00 sambil berjalan kaki dari rumah yang hanya memakan waktu 7 menit saja. Simpel yaa, simpel tapi apa temen temen? Simpel pastenseeee.

Inframe : bu Tika bersama anak-anak PG yang sedang mengantre mencuci tangan sebelum makan.
(Dokumentasi pribadi)

Baikhhlah, mau cerita sedikit beberapa hal yang sempat terbesit ketika memulai di beberapa hari pertama, yaitu sejak tanggal 01 maret 2019. Saya pertama-tama masih dengan wajah-wajah bingung, harus menggunakan seragam apa ya biar tidak terlalu njomplang nih bentukannya dengan guru-gurunya. Saya sempat mengamati dalam diam, makhlum lah saya memang orangnya tidak terlalu banyak heboh-heboh yaa jadi kadang suka berfikir dalam diam.

Minggu pertama, okee saya sudah faham nih besok akan pakai baju apa supaya tidak beda jauh dengan para guru-guru asli. Ehh lah waktu mau saya aplikasikan di minggu kedua mengajar di sekolah, ternyata ada beberapa perbedaan. Hmm, kecelik saya nih. Memang yaa, ternyata guru-guru tuh punya beberapa seragam jadi mungkin dua minggu sekali ganti alur pemakaiannya. Agak sedikit kurang proporsional sih kalau dijelaskan disini, lain waktu kita jumpa dan ngobrol ini yaa.

Hal kedua yang ada di dalam benak saya adalah nama-nama para murid ini, beberapa dari mereka sangat menonjol sehingga mudah untuk di ingat mulai dari nama, gerak-geriknya, suara, sampai tas, botol minum dan sepatu saya juga bisa ingat. Lain cerita pada beberapa anak yang cenderung lebih asik dengan dunianya sendiri dan tidak banyak bersosialisasi dan menyuarakan dirinya. Kadang bentuk wajah, bentuk tubuh dan namanya saya masih suka tertukar.. hiks padahal ini sudah minggu ketiga mengajar loh. But it’s okey everything have their own time kok, keep in fighting.

Ketiga, ini sebenarnya adalah hal utama yang harus saya persiapkan. Yaitu hal apa yang bisa saya pelajari di dalam proses belajar mengajar ini. Hmmm Sepertinya : saya perlu membuat Rumusan Formula nya. Apa dan Seperti apa hal yang bisa dipelajari dan bisa di manfaatkan kembali. Tapi selain itu saya juga punya kewajiban untuk memberi kontribusi aktif kepada lembaga ini dong. Yagasi yakann.

Beberapa hal terkait dengan itu adalah bahwa program mengajar di play group dan TK menggunakan kelas sentra, dimana anak-anak akan belajar setiap harinya mengikuti jadwal sentra nya. Seperti bidang-bidang pelajaran gitu deh, sederhananya. Diantaranya sentra persiapan, sentra balok, sentra memasak, sentra peran, sentra air, dan masih ada lagi yang belum saya pahami dengan pasti. Soo, send me your doa yaa semoga bisa bermanfaat. Bismillah, love.

ditulis – 20 maret 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *